Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Muda dan Mulus Berkat Laser Kulit

Kompas.com - 17/01/2011, 10:28 WIB

Kompas.com - Penggunaan laser ini merupakan standar emas dalam terapi antipenuaan kulit. Namun, sebelum melakukannya pasien harus menyiapkan mentalnya, paling tidak dalam menahan sakit dan wajah yang menjadi kemerahan.

Mekanisme melukai kulit adalah cara kerja laser untuk mempermuda kulit. "Dalam perawatan laser, sel kulit dipanaskan secara cepat dan berulang-ulang sehingga menciptakan luka peradangan karena efek panas sinar laser. Dari perlukaan itu keluarlah asam amino peptida untuk membentuk kolagen baru. Ini merangsang proses penyembuhan lukanya," ungkap Dr.Kusumarinah Bramono, Sp.KK, ahli kulit dari Fakultas Kedokteran UI.

Peptida secara alami memang ada di dalam kulit. Ketika kulit terluka, peptida dilepaskan dalam kulit, kemudian asam amino ini menginstruksikan kulit untuk memperbaiki kerusakan dan memberikan sinyal memproduksi elastin dan kolagen, dua zat kunci yang menjaga keawetmudaan kulit.

Sayangnya, produksi asam amino ini berkurang ketika kita mulai masuk usia kepala enam. Penggunaan laser, menurutnya, merupakan standar emas dalam terapi antipenuaan. Teknologi laser ada yang bersifat ablatif dan non ablatif.

Laser ablatif adalah proses bagian paling atas kulit yang rusak dan menua dihilangkan dengan mengaplikasikan sinar laser yang terkontrol. Hasilnya, berkuranglah keriput bahkan yang di dalam kulit wajah.

Prosedur laser ablatif membutuhkan anestesi dan waktu pemulihan sekitar 10 hari, akibat kulit menjadi kemerahan dan luka. karena ketidaknyamanan itu, kemudian keluarlah teknologi laser non ablatif yang tidak melukai permukaan kulit. Teknologi ini tak membuat wajah kemerahan dan "rusak". Penyembuhannya pun lebih cepat.

Meskipun begitu, hasil awet muda dengan teknologi laser ini tidak bisa didapat secara instan. Butuh waktu untuk mendapatkan wajah yang baru dan mulus.

Untuk satu kali perawatan laser ablatif, membutuhkan proses penyembuhan cukup lama. Padahal, untuk mendapatkan hasil yang optimal butuh tiga hingga lima kali perawatan. Dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk mendapatkan perbaikan pada kulit setelah perawatan dengan laser.

"Untuk laser nonablatif, satu bulan dilakukan satu kali perawatan hingga tercapai lima kali perawatan," kata dr.Kusumarinah. Menurutnya, memutuskan perawatan wajah dengan laser bukan perkara mudah. Pasien perlu menyiapkan mentalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com