Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyiksa Kaki dengan Sepatu

Kompas.com - 26/05/2011, 12:01 WIB

KOMPAS.com — Bila orang bisa cuek dengan pakaian, tidak demikian halnya dengan alas kaki. Sepatu harus enak dipakai dan desainnya bagus. Sepatu demikian biasanya mahal harganya. Sayangnya, tidak semua alas kaki berharga mahal menunjang kenyamanan kaki.

Salah satu sepatu yang bisa menyiksa kaki adalah sepatu hak tinggi atau high heels. "Hak sepatu masa kini makin lama semakin tinggi. Kami para ahli masalah kaki menyebutnya shoe-icide atau menyiksa diri dengan sepatu," kata Hillary Brenner, juru bicara American Prodiatic Medical Association.

Selain sepatu berhak tinggi, alas kaki yang terlalu sempit, tumit sepatu terlalu tinggi atau sepatu yang lancip ujungnya, atau sepatu yang ukurannya kurang tepat juga bisa menimbulkan masalah tersendiri.

Berikut adalah masalah-masalah di kaki yang ditimbulkan oleh sepatu.

1. Nyeri tumit

Nyeri pada tumit dapat terjadi karena saraf terjepit atau adanya kondisi kronis seperti artritis. Namun, penyebab yang paling umum adalah peradangan pada jaringan fasial plantaris di sepanjang dasar kaki yang memanjang dari tulang tumit hingga jari kaki.

Memakai sepatu tidak sesuai ukuran atau kegiatan yang memberi beban berlebihan pada kaki, seperti lari, bisa meningkatkan risiko terjadinya fasial plantaris. Nyeri tumit juga bisa disebabkan material sepatu yang kaku sehingga menyebabkan tumit bengkak dan lecet.

2. Tendinitis achiles

Kondisi ini merupakan radang pada tendon yang disebut juga otot tumit. Penyebabnya adalah latihan berat dan berulang-ulang, misalnya lari.

3. Kuku kaki tumbuh ke dalam

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com