Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehat Maksimum dengan Potasium

Kompas.com - 18/06/2011, 10:25 WIB

Kompas.com- Potasium merupakan elektrolit yang menjaga sistem saraf kita bekerja dengan baik dan melemaskan otot-otot. Penelitian menunjukkan potasium, bersama dengan kalsium dan magnesium, memiliki efek perlindungan yang dramatik dari penyakit diabetes, jantung dan osteoporosis.

The National Health and Nutrition Examination Study, yang meneliti pola makan lebih dari 10.000 pria dan wanita dan dipetakan lebih dari dua dekade menemukan, mereka yang jarang mengonsumsi sumber potasium dalam makannya memiliki risiko stroke 28 persen lebih tinggi dibanding orang yang memiliki kadar potasium cukup di tubuhnya.

Potasium juga menjadi senjata ampuh untuk menjaga tekanan darah tetap normal secara alami. Para ahli percaya hal ini terjadi karena kemampuan potasium untuk memompa sodium keluar dari sel tubuh. Karena itu, kekurangan potasium atau kelebihan sodium (yang banyak ditemukan dalam makanan siap saji) bisa menyebabkan masalah.

Tubuh kita juga memerlukan potasium untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi. Jika kita kekurangan potasium, tubuh akan terasa lemah, letih, dan emosi mudah tersulut.

Penelitian menunjukkan kebanyakan perempuan hanya mengonsumsi separuh dari kebutuhan potasium mereka. Padahal, potasium banyak ditemukan dalam buah dan sayuran, terutama pisang, kentang panggang, bayam, salmon, apel, jeruk atau kacang edamme.

Kebutuhan harian kita akan potasium sekitar 4.700 mg. Jumlah ini sudah bisa dipenuhi dari sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen potasium karena kelebihan potasium bisa merusak keseimbangan mineral dalam tubuh dan mengganggu fungsi ginjal dan jantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com