Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bau Badan Bisa karena Keturunan

Kompas.com - 07/09/2011, 11:31 WIB

Kompas.com - Makanan atau kebersihan badan yang buruk memang bisa memunculkan bau badan. Tetapi jika masalah bau badan Anda tidak terjelaskan pemicunya, barangkali Anda perlu melihat silsilah keluarga. Karena menurut studi bau badan juga bisa terjadi karena mutasi gen yang diwariskan dari generasi sebelumnya.

Penelitian menunjukkan seseorang yang menderita bau badan berat positif trimethylaminuria, gangguan genetik yang menyebabkan tubuh mengeluarkan aroma tidak sedap.

Trimethylaminuria (TMAU) adalah kondisi dimana tubuh tidak bisa memetabolisme senyawa kimia trimethylamine akibat mutasi gen FMO3. Tubuh memproduksi senyawa kimia tersebut jika kita terlalu banyak mengasup makanan dengan unsur-unsur pokok kolin, seperti telur, terigu, ikan air asin, dan kacang-kacangan. Akibatnya tubuh akan mengeluarkan aroma tidak sedap.

Kesimpulan tersebut dihasilkan setelah peneliti menguji gen 353 orang yang berobat ke Monell Chemical Senses Center di Philadelphia. Mereka mencari pertolongan karena menderita bau badan berat yang tidak terjelaskan atau bukan disebabkan karena faktor kebersihan.

Para peneliti melakukan tes kolin pada mereka dan menemukan 118 diantaranya atau sepertiga pasien positif TMAU. Trimethylaminuria sendiri diklasifikasikan sebagai kasus yang jarang, atau dengan kata lain hanya diderita kurang dari 200.000 orang di Amerika Serikat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com