Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Obat Pereda Nyeri Haid?

Kompas.com - 26/11/2011, 08:27 WIB

TANYA:
 
Pagi dok, saya seorang karyawati. Setiap kali haid saya selalu merasa nyeri pada perut, terasa sangat melilit. Karenanya saya selalu cuti haid satu hari setiap kali datang bulan. Tetapi jika pekerjaan sedang banyak saya tidak bisa cuti. Untuk menyiasatinya saya minum obat pereda nyeri haid yang dijual bebas. Lumayan meringankan.

Pertanyaan saya, amankah kebiasaan mengonsumsi obat pereda nyeri haid? Adakah efeknya untuk kandungan saya? Rencananya saya akan menikah pertengahan tahun depan. Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.
 
Tanti (26), Medan


JAWAB:

Keluhan nyeri haid memang kerap dialami oleh wanita. Tidak membahayakan tapi cukup menggangu. Untuk memastikan penyebabnya tidak ada salahnya ibu datang ke dokter kandungan untuk diperiksa, mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan USG. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada kelainan di rahim, indung telur ataupun organ disekitarnya.

Bila tidak ada kelainan organ maka anda berhadapan dengan nyeri haid yang mungkin disebabkan oleh hormonal atau kelainan fungsi lainnya. Pemakain obat anti nyeri seperlunya saja tidak ada efeknya. Upaya lain untuk mengatasinya juga boleh di coba, seperti yoga , akupunktur atau lainnya.

Secara alamiah, nyeri akan hilang bila tidak haid dan yang paling alamiah adalah bila terjadi kehamilan. Maka bila nanti anda telah menikah dan segera hamil, mudah-mudahan nyeri haidnya Akan hilang. Amin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com