Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mata Minus karena Keturunan?

Kompas.com - 29/02/2012, 13:56 WIB


TANYA:
 
Met malam sebelumnya, ini dok saya mau nanya mengenai kesehatan mata anak kami yang diyatakan dokter mata bahwa anak saya minus 6 dan silinder 1,5 ( katanya penyakit keturunan ). Yang saya tanyakan apa mata anak saya dapat sembuh paling tidak berkurang minusnya? karena dokternya memberi jawaban kurang memuaskan, terima kasih dok atas kesediannya memberikan solusi buat saya.
 
Argo, Surabaya

JAWAB :

Bapak/Ibu Argo yang baik,

Faktor keturunan sering menjadi penyebab terjadinya kelainan refraksi pada mata anak. Kelainan refraksi tersebut dapat berupa mata minus (miopia) maupun astigmatisma atau yang orang awam sering katakan sebagai mata silinder. Kelainan tersebut sifatnya adalah kelainan bentuk bola mata atau kelengkungan kornea yang tidak semua dapat dikoreksi secara total tetapi bergantung kepada jenis kelainan yang ditemukan.
 
Semakin dini kelainan yang terjadi biasanya kelainan yang terjadi lebih berat. Namun sebaiknya Bapak/Ibu mencari opini kedua (second opinion) dari ahli (dokter spesialis mata) lainnya yang lebih komunikatif sehingga Bapak/Ibu mendapatkan semua informasi yang diperlukan mengenai kondisi si kecil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com