Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Cara Sunat Tanpa Nyeri dan Kering Lebih Cepat?

Kompas.com - 01/05/2012, 08:16 WIB

TANYA :

Prof, saya ingin melakukan sunat. Tetapi setelah mendengar proses sunat yang dialami beberapa teman saya yang melakukan sunat di atas usia 30, mereka mengalami nyeri dan lama proses kering sampai normal kembali. Adakah metode atau cara sunat yang tidak menimbulkan rasa nyeri dan proses keringnya lebih cepat? Setelah kering, apakah sudah dapat melakukan hubungan badan? Berapa lama kira-kira waktu yang dibutuhkan agar bisa kembali berhubungan badan setelah sunat? Saya ucapkan terima kasih sebelumnya Prof.

(Hendro, 32, Medan)

JAWAB :

Sunat atau sirkumsisi adalah tindakan yang sangat sederhana. Prosesnya cepat dan pada umumnya penyembuhan juga cepat, kecuali kalau terjadi infeksi yang menyertainya. Penyembuhan menjadi lebih lama kalau reaksi tubuh Anda lambat ketika mengalami luka.

Tindakan sunat yang cara lama atau menggunakan laser pada dasarnya tidak jauh berbeda. Setelah luka menutup dan kembali ke keadaan normal, hubungan seksual dapat dilakukan lagi seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com