Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Hamil Mau Sehat? Lupakan Fast Food Hindari Pica

Kompas.com - 11/06/2012, 14:22 WIB

KOMPAS.com - Salah satu cara mendapatkan kehamilan yang sehat adalah dengan menjaga asupan makanan bagi ibu hamil. Makanan bagi ibu hamil tentu bukan makanan yang  sekedar nikmat dan menggugah selera makan. Makanan bagi ibu hamil harus memenuhi syarat gizi yang sehat dan seimbang. Mengandung berbagai macam zat gizi yang diperlukan oleh tubuh ibu hamil dan untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Jadi, jika ibu hamil ingin sehat, lupakan hidangan cepat saji atau fast food dan hindari Pica. Ibu hamil sebaiknya memasak sendiri menu makanan atau menyantap makanan yang mengandung kombinasi menu lauk-pauk , sayuran, buah, dan sumber karbohidrat juga susu.

Mengapa fast food tak baik bagi ibu hamil?

Hidangan cepat saji kurang mengandung zat gizi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi maupun untuk pertumbuhan organ-organ tubuh bayi dalam kandungan. Zat penguat rasa maupun zat pengawet makanan dalam hidangan fast food sebaiknya dihindari bagi ibu yang sedang hamil. Gunakan bumbu alami saat memasak dan menyantap hidangan yang selalu segar setiap hari. Hidangan fast food sangat kurang mengandung serat alami. Padahal makanan berserat sangat dibutuhkan ibu hamil untuk memperlancar buang air besar. Hal ini mengingat ibu hamil seringkali mengalami keluhan sembelit atau sulit buang air besar.

Apa saja jenis makanan yang sehat bagi ibu hamil ?

Jenis makanan sehat bagi ibu hamil sebaiknya memenuhi syarat gizi yang sehat dan seimbang. Makanan disebut bergizi bila mengandung  zat tenaga  yang bersumber dari padi-padian, umbi, jagung dan tepung.

Makanan juga harus mengandung zat pengatur yakni yang bersumber dari buah-buahan dan sayuran. Terutama sayuran yang berwarna hijau tua  dan mengandung banyak asam folat untuk mencegah cacat bawaan pada bayi. Buah-buahan bervariasi boleh dihidangkan dalam bentuk jus yang dikombinasi dan dicampur dengan susu atau bisa juga buah langsung dimakan dalam kondisi segar dan potongan kecil. Buah-buahan disantap sebagai camilan pengganti makanan ringan untuk menghindari keinginan makan camilan junk food.

Kemudian yang juga sangat penting adalah mengandung zat pengatur  yang  berupa zat lemak dan protein yang  didapatkan dari lauk pauk berupa ikan, daging, tahu, tempe, telur dan susu. Sedangkan kebutuhan vitamin dan serat bisa dipenuhi  dari sayuran dan buah-buahan segar.

Selain fast food adakah makanan pantang bagi ibu hamil?

Tidak ada makanan pantangan bagi ibu hamil. Semua yang mengandung zat gizi boleh dikonsumsi ibu hamil. Kecuali bila ibu hamil alergi dengan jenis makanan tertentu, misalkan alergi ikan laut atau alergi telur. Namun demikian tetap harus diupayakan makanan pengganti yang bisa menjadi sumber zat pembangun bagi tubuh.Misalnya daging, tahu dan tempe. Protein nabati dan hewani sangat banyak sumbernya termasuk dalam kacang-kacangan maupun dalam susu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com