Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2012, 09:26 WIB

Kompas.com — Anda sering merasa gampang lelah? Banyak orang juga merasakannya. Kekurangan energi sebenarnya merupakan tanda aktivitas fisik yang berlebihan, tapi kebalikannya justru banyak orang yang tidak melakukan apa-apa tapi merasa energinya terkuras.

Penyebab kelelahan kronik memang beragam, mulai dari faktor medis seperti anemia atau gangguan tiroid sampai karena penyebab sederhana seperti gaya hidup kurang sehat.

Bila Anda sering mengalami kelelahan, jangan buru-buru menyimpulkan disebabkan karena penyakit sebelum melakukan tiga hal berikut ini yang bisa membuat "baterai" tubuh terisi penuh kembali:

1. Apa yang dimakan

Hindari konsumsi kafein atau makanan mengandung gula untuk meningkatkan energi karena justru membuat Anda lebih lelah akibat fluktuasi gula darah. Sebaiknya pilih makanan sehat dan seimbang. Pola makan yang sehat juga berarti berat badan lebih terkontrol karena kegemukan merupakan salah satu faktor penyebab kelelahan.

2. Tidur cukup

Hindari tidur larut malam karena akan menyebabkan tubuh terasa lemas sepanjang hari.

3. Olahraga

Banyak yang malas berolahraga karena khawatir kecapekan. Faktanya, olahraga justru meningkatkan level energi. Penelitian juga menunjukkan bukti serupa, orang yang jarak bergerak terbukti merasa lebih bugar dan berenergi setelah rutin berolahraga. Lakukan mulai sekarang dan rasakan perbedaannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com