Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2012, 15:57 WIB

KOMPAS.com –  Preeklamsia atau darah tinggi yang dialami ibu hamil menimbulkan risiko kematian yang cukup tinggi. Hal ini kaitannya dengan penyakit jantung yang dapat diderita kemudian hari akibat preeklamsia. Resiko ini bertambah besar pada wanita yang baru mengalami kehamilan pertamanya, berbeda dengan wanita yang sudah pernah mengalami kehamilan sebelumnya dengan tekanan darah yang normal.

Berdasarkan penelitian pada jurnal ilmiah BMJ, kehamilan pertama harus diberi perhatian khusus karena risiko preeklamsia lebih tinggi. Preeklamsia merupakan keadaan tekanan darah tinggi dan protein pada urin meningkat. Preeklamsia biasanya terjadi saat kehamilan memasuki bulan ke-4. Gejala-gejala berupa tekanan darah meningkat, bengkak di kaki, serta sering pusing.

Para peneliti melakukan kajian dari data lebih dari 836,000 wanita yang melakukan persalinan pertamanya di Norwegia selama tahun 1967 hingga 2009. Dan pada tahun 2009, hampir sebanyak 3.900 dari wanita tersebut meninggal akibat penyakit jantung.

Secara umum, wanita dengan preeklamsia pada kehamilan pertama mereka memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung yang menyebabkan kematian daripada wanita yang tidak memiliki preeklamsia. Namun, risiko ini hingga sembilan kali lebih tinggi pada kehamilan pertama wanita, dibandingkan dengan mereka yang memiliki lebih banyak anak, yaitu hanya sebanyak 2,4 kali.

Meskipun wanita dengan preeklamsia perlu diberi perhatian khusus, namun Rolv Skjaerven, seorang profesor di University of Bergen di Norwegia menyarankan untuk lebih member perhatian bagi wanita dengan kehamilan pertamanya, jangan sampai mengalami preeklamsia.

Preeklamsia merupakan penyakit yang dapat dicegah pada saat kehamilan. Jika mengalami tekanan darah tinggi, wanita tidak perlu menunda kehamilan, namun tetap menjaga pola makan dan pengobatan tekanan darah tinggi. Berbeda dengan diabetes, yang disarankan wanita yang mengidapnya perlu menunda kehamilan.

Meskipun telah ditemukan preeklamsia selama kehamilan pertama dapat meningkatkan rsiko kematian akibat serangan jantung, namun hal ini perlu diteliti lebih lanjut untuk hubungan sebab-akibatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com