Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2012, 10:12 WIB

TANYA :

Prof, saya adalah seorang perempuan. Akhir akhir ini, saya sering melakukan onani. Tetapi dalam beberapa bulan terakhir ini, saya sering telat datang bulan. Kadang, datang bulan saya sering mengalami kemunduran sampai 2 hari atau 3 hari. Yang saya mau pertanyakan, apakah onani yang saya lakukan berpengaruh pada siklus menstruasi saya? Apakah bahaya bagi vagina dan rahim saya? Terima kasih atas jawabannya. 

(Defa, 19, Malang)


JAWAB :

Aktivitas seksual, termasuk masturbasi, tidak berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Tetapi kalau masturbasi kemudian menimbulkan akibat psikologis, misalnya perasaan bersalah atau stres yang lama, ini dapat mengganggu siklus menstruasi.

Tetapi tentu saja faktor psikologis ini harus terjadi dalam waktu lama, tidak sesaat saja. Namun siklus menstruasi yang hanya bervariasi 2-3 hari bukan masalah dan tidak perlu dikhawatirkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com