Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2013, 07:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Daun dan bunga tapak dara (Catharanthus roseus) bisa menjadi obat leukemia. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Arif Yoga Pratama, Ari Purnomo, dan Amallia Nugrahaeni, meneliti teh dari daun dan bunga tapak dara yang mengandung alkaloid vinblastine, vincristine, leurosine, catharanthine, dan lochnerine yang berkhasiat antikanker.

”Tanaman ini murah dan mudah diperoleh. Kandungan kimia utama yang berkhasiat antikanker adalah senyawa alkaloid vincristine dan vinblastine,” kata Arif sebagaimana dikutip situs UNY, Jumat (11/1).

Vincristine digunakan sebagai bahan obat kanker bronkial, tumor ganas pada ginjal, kanker payudara, leukemia, dan berbagai jenis tumor ganas yang awalnya menyerang saraf dan otot. Tanaman ini juga mengandung alkaloid catharanthine yang diduga melarutkan inti sel kanker. (UNY.ac.id/ELN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com