Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2013, 21:14 WIB

KOMPAS.com - Kebanyakan perempuan biasanya akan melakukan berbagai upaya untuk dapat menurunkan berat badan yang bertambah selama masa kehamilan dan pascamelahirkan. Banyak cara untuk kembali langsing setelah melahirkan. Tetapi ada beberapa cara alami dan relatif aman untuk dijalani.  Di antaranya adalah beberapa hal berikut ini:

* Menyusui

Memberikan Air Susu Ibu bukan hanya menjadi solusi terbaik untuk para bayi, tetapi kegiatan menyusui akan membantu ibu baru menurunkan berat badan. Para ahli percaya bahwa kegiatan menyusui dapat membakar sekitar 500 kalori per hari.

* Minum banyak air

Ada sebagian ahli berpendapat mengonsumsi lebih banyak air dapat membantu menurunkan bobot. Minumlah paling sedikit 10 sampai 12 gelas air setiap hari, tentunya secara bertahap. Mencukupi kebutuhan cairan juga akan mencegah Anda dari dehidrasi. Minum air juga membantu tubuh Anda tetap segar.

* Makan secara seimbang

Mengingat Anda baru saja menjadi ibu, sangat tidak diperkenankan untuk menerapkan diet ketat. Anda harus dapat memastikan bahwa apa yang Anda konsumsi itu sehat, bergizi dan seimbang.  Pasalnya, apa yang masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi komposisi ASI.  Menu makanan yang seimbang harus mencakup buah-buahan, sayuran, daging, ikan, rendah lemak, dan produk susu.

* Olahraga

Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga penting untuk dilakukan. Tetapi olahraga yang dimaksud bukan dalam arti Anda harus pergi ke gym, melainkan melakukan aktivitas bersama dengan bayi Anda. Misalnya, dengan menggendong bayi atau mengajak jalan bayi dengan kereta dorong.

* Makanlah hanya ketika lapar

Jangan menyerah untuk menahan dan membatasi makanan yang mengandung lemak jahat  seperti gorengan. Dan jangan sekali-kali Anda melewatkan waktu makan, hanya karena ingin cepat langsing. Ingat, Anda sedang menyusui dan bayi perlu mendapatkan nutrisi penuh dari ASI Anda. Rencanakan apa yang ingin ada makan dan makanlah dalam jumlah kalori yang cukup.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com