Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2013, 09:07 WIB

TANYA:
 
Halo dok, saya mau konsultasi  dok! Anak saya laki-laki umur 8 bulan, BB nya 9,7 kg. Di lipatan leher anak saya timbul bintil-bintil merah berisi cair dok. Awalnya hanya sedikit. Kok sekarang kalau bintil itu pecah nambah banyak bintil2nya.
 
Anaknya tidak merasa panas dan nggak rewel. Tapi terkadang saat diperhatikan digaruk-garuk lehernya oleh anak saya. Mungkin karena gatal.  Sekarang bintil-bintilnyanya sudah banyak di lipatan bawah dagu,leher depan, dan leher belakang. Gimana ya dok penyembuhannya? Trims
 
(Susan, Pandeglang)

JAWAB :

Tampaknya si kecil termasuk gizi baik dan mungkin memiliki lipatan-lipatan lemak yang agak berlebih di sekitar leher, sehingga daerah tersebut agak lembab. Bintil-bintil itu dapat saja merupakan gejala biang keringat (miliaria) yang dapat terasa gatal dan bertambah banyak bila dia sedang berkeringat.

Pencegahannya adalah dengan menjaga agar daerah lipatan-lipatan tersebut tetap kering, mengganti pakaiannya bila basah oleh keringat. Sementara ini mungkin untuk mengurangi bintil-bintil yang masih ada sebaiknya diberikan krim steroid dosis rendah untuk sekedar mengurangi gejalanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com