Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2013, 08:58 WIB

TANYA :

Dok.. Pada tahun 2011, dokter menyarankan saya untuk operasi pengangkatan testis karena testis saya ukuranya lebih besar dari sewajarnya dan dikemoterapi. Sebelumya pada tahun 2003 saya juga telah dioperasi hernia karena salah satu testis saya tidak turun.. Sekarang saya sudah menikah dan dapat melakukan hubungan suami isteri. Eraksi saya normal dan dapat mengeluarkan cairan sperma. Pertanyaan saya apakah saya bisa memperoleh keturunan?

(Edward, 32, Medan)

JAWAB :

Saya tidak tahu dengan pasti apa yang telah Anda alami. Tetapi kalau testis Anda dioperasi, berarti kini Anda hanya mempunyai satu testis. Hanya dengan satu testis, kemungkinan kesuburan Anda terganggu.

Tetapi kalau testis yang satu ini tidak normal karena dulu tidak turun ke dalam kantungnya, maka kesuburan mungkin terganggu. Untuk memastikan, Anda memerlukan pemeriksaan sperma (analisis sperma).

Perlu Anda ketahui, walaupun Anda mengeluarkan sperma (ejakulasi) ketika melakukan hubungan seksual, itu tidak berarti kesuburan Anda baik. Sperma yang keluar tidak mencerminkan kesuburan yang baik.

Saya sarankan Anda mendapat pemeriksaan yang benar, termasuk analissi sperma untuk mengetahui keadaan kesuburan Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com