Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2013, 09:53 WIB

TANYA:

Dok, saya istri saya sekarang sedang mengandung anak kami yang pertama, usia istrinya 28 tahun, usia kandungan istri saya 8 bulan. Istri saya mempunyai masalah pada keputihannya. Selama hamil keputihan istri saya banyak sekali, dan berbau amis warnanya putih kekuning-kuningan. Saya pernah konsultasi ke bidan, katanya kalau keputihanan banyak ketika melahirkan akan mempengaruhi bayi terutama dikhawatirkan terkena matanya, apakah benar demekian? Bagaimana cara mengatasi keputihan tersebut. Terima kasih.

(Afi, Jakarta)

JAWAB:


Mengenai keputihan pada kehamilan, sangat perlu kita kenali sebaik mungkin. Selama keputihannya tidak ada bau dan rasa gatal maka keputihan tersebut masih dalam kategori normal. Bila terjadi keputihan yang berulang, maka ada baiknya dilakukan swab vaginal. Jika memang sudah ditentukan jenis kumannya maka harus kita obati.

Pengaruhnya terhadap bayi kemungkinannya sangat rendah.
Untuk mengatasinya, upayakan bagian organ intim selalu kering dengan sering mengganti pakaian dalam dan tidak menahan buang air kecil. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan infeksi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com