Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2013, 10:02 WIB

TANYA:
 
Assalamualaikum Dokter, anak bungsu saya laki - laki 4 tahun kadang- kadang matanya memerah dan mengeluarkan kotoran mata yang berlebihan. Gejala ini terjadi sejak masih bayi, terutama jika ia sedang batuk pilek atau kurang sehat.
 
Tetapi jika hari- hari biasa ketika badannya sehat, mata merahnya normal dan tidak memerah dan mengeluarkan kotoran. Mohon saran dari dokter apakah perlu saya periksakan ke dokter spesialis mata untuk kasus anak saya ini . Terima kasih atas jawabannya.
 
(Mirzalia)

JAWAB :
Mata merah dan/atau disertai dengan produksi kotoran mata yang berlebih (belekan) dapat timbul pada anak-anak yang mengalami infeksi virus yang menyerang saluran napas (ISPA/common cold). Hal itu terjadi karena proses peradangan di saluran air matanya yang menyebabkan sumbatan sementara yang mengakibatkan mata menjadi kotor dan/atau belekan.

Biasanya setelah infeksi virus tersebut membaik dan sembuh, matanya dapat menjadi normal kembali. Bersihkan saja kotoran matanya dengan kapas air hangat dan mengompres dan melakukan pijatan lembut di daerah sekitar pinggiran hidungnya untuk mengurangi sumbatan tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com