Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2013, 10:43 WIB

Kompas.com - Sahabat berkaki empat yang Anda miliki bukan hanya sekadar teman di rumah tapi juga menyehatkan jantung. Sudah banyak penelitian yang mengungkap manfaat sehat memelihara hewan. Namun dalam studi teranyar ini para peneliti menyoroti manfaat hewan-hewan kesayangan, khususnya anjing, dalam memelihara kesehatan jantung.

Hewan peliharaan, khususnya anjing, diketahui membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan mood, memperbaiki kadar kolesterol, menurunkan berat badan, dan memperbaiki respon stres dalam tubuh.

"Memiliki hewan membantu orang hidup lebih sehat, sehingga mampu menurunkan risiko terkena sakit jantung. Memiliki hewan adalah anugerah bagi manusia," kata Barbara George, direktur Center for Cardiovascular Lifestyle Medicine di Winthrop-University Hospital, New York, AS. Hal ini ia dibuktikan dengan menganalisa penelitian terhadap 5.200 orang dewasa yang memiliki anjing.

Pada penelitian yang dilakukan American Heart Association (AHA) tersebut, orang yang memiliki anjing bisa berolahraga rutin karena harus mengajak anjingnya jalan-jalan. Hasilnya orang yang memiliki hewan mampu menurunkan tekanan darah, tingkat kolesterol, kegemukan dan meningkatkan usia harapan hidup bagi para penderita gagal jantung.

Namun bukan berarti memiliki hewan peliharaan berdampak langsung pada menurunnya risiko menderita penyakit jantung. "Bukan berarti yang sudah kena sakit jantung bisa sembuh, atau risikonya kambuhnya menurun. Tapi bagi orang sehat, kepemilikan hewan bisa menjauhkannya dari risiko penyakit jantung," kata Dr. Glenn Levine, dosen dari Baylor College of Medicine, Houston.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com