Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2013, 16:49 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber FOXNews

Kompas.com - Berhati-hatilah saat membersihkan tinja kucing kesayangan Anda karena bisa mengandung parasit toksoplasma.

Toksoplasma  gondii adalah parasit yang menumpang hidup pada hewan seperti kucing, anjing, kelinci, kambing, atau babi. Toksoplasma bisa ditemukan pada feses hewan-hewan tersebut.

Infeksi parasit ini berdampak fatal pada ibu hamil karena bisa menyebabkan cacat lahir pada janin seperti tuli, gangguan penglihatan, serta keterbelakangan mental.  Parasit toksoplasma juga bisa menginfeksi orang dengan gangguan sistem imun seperti HIV/AIDS.

Dalam sebuah penelitian, diketahui kucing-kucing di Amerika Serikat mengeluarkan sekitar 1,2 juta metrik ton feses di lingkungan setiap tahunnya sehingga risiko penularan toksoplasma menjadi lebih besar.

Setelah meneliti beberapa studi sebelumnya, para peneliti meyakini parasit toksoplasma harus menjadi perhatian karena juga bisa menginfeksi orang sehat. Studi lain bahkan mengaitkan parasit ini dengan depresi, schizophrenia, dan rendahnya kemampuan akademik siswa di sekolah.

Menurut E.Fuller Torrey, psikiater dari John Hopkins University Medical Center, sekitar satu persen dari jumlah kucing yang ada akan mengeluarkan tinja mengandung oocyst (kista yang mengandung zigot parasit). Setiap kista tersebut bisa bertahan selama 18 bulan dan hanya diperlukan satu untuk menyebabkan infeksi.

Hewan lain seperti domba dan sapi juga bisa terinfeksi karena memakan rumput yang terkena feses kucing. Sementara itu manusia dapat terinfeksi karena mengonsumsi makanan mentah atau daging yang kurang matang.

Di negara seperti Perancis atau Etiopia yang penduduknya sering makan makanan mentah, insiden infeksi toksoplasma termasuk tinggi.

Selain dari makanan, air juga bisa tercemar parasit toksoplasma. Waspadai juga tempat-tempat yang disukai kucing seperti pasir dan taman.

"Toksoplasma adalah parasit yang kompleks. Jauh lebih rumit dari virus dan memiliki banyak gen," kata Torey.

Untuk mengurangi paparan parasit ini, cucilah dengan bersih sayur dan buah sebelum dikonsumsi. Ibu hamil juga tidak disarankan membersihkan tinja kucing. Selain itu cuci tangan dengan sabun setelah memegang tanah atau pasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com