Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2013, 17:12 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


KOMPAS.com-Rasa tidak nyaman akibat cuacadan suhu panas dapat dialami oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Biasanya, ibu hamil akan melakukan apa saja untuk membuat tubuhnya tetap merasa sejuk.

Suhu yang panas bukan hanya tidak membuat nyaman, tetapi bahkan menurut Mayo Clinic, kenaikan suhu tubuh hingga di atas 38 derajat celcius dapat meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil. Suhu tinggi juga menimbulkan risiko ketidaknormalan pada otak atau tulang punggung janin.

Walaupun tubuh memiliki kemampuan pendinginan sendiri dengan cara mengalirkan darah ke daerah permukaan kulit, tetapi pada ibu hamil kondisi panas tidak boleh dibiarkan.

"Darah dibutuhkan untuk memberi nutrisi pada bayi. Sehigga pada ibu hamil, sulit membuat diri sendiri merasa sejuk. Untuk janin hal ini menjadi semakin sulit," kata Direktur Equinox Fitness Training Institute, Geralyn Coopersmith.

Coppersmith membagi beberapa tips untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, ketika cuaca terasa sangat panas

1. Jalan-jalan saat gelap

Kiat ini berlaku bagi ibu hamil yang hendak berolahraga. Berjalan kaki mungkin olahraga terbaik bagi ibu hamil. Ketika berolahraga, suhu tubuh meningkat 20 derajat lebih tinggi dibanding suhu luar. Karena itu, berjalan di kala siang hari sagat berisiko pada ibu dan janin.

"Saat teraman untuk jalan kaki adalah pagi hari, atau ketika matahari terbenam," kata Coopersmith.  Disarankan untuk berjalan sekitar pukul 6 sampai setengah tujuh pagi, sebelum suhu menjadi sangat panas.

2. Banyak minum

Banyak minum sangat disarankan untuk ibu hamil. Coopersmith menyarankan melihat warna urin, untuk mengetahui apakah kebutuhan cairan terpenuhi. "Warna urin harus kuning mudah atau bening," kata Coopersmith.

Jika merasa kepanasan Coopersmith merekomendasikan mium air dingin dalam jumlah besar, tiap 15 menit. Lebih dingin air, maka semakin baik bagi tubuh. Menurutnya, air dingin akan membantu menurunkan suhu tubuh. Sebaiknya setelah bangun tidur pastikan sudah memiliki air dingin, sehingga ketika suhu naik stok bisa digunakan.

3. Tetap basah

Bila perlu berendamlah dalam kolam renang. Sapuan air saat berjalan melintasi kolam terasa menyejukkan. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai olahraga.

Coopersmith menyarankan berjalan dalam air setiap 3 menit. Selama di kolam ibu hamil bisa melakukan gerak renang sederhana, atau mengambil kelas khusus ibu hamil. Hal ini cukup untuk menggerakkan tubuh dan membuat ibu hamil tetap sehat. Tentunya tanpa merasa kepanasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com