Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2013, 18:48 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber LiveStrong


KOMPAS.com -
Memiliki kulit ketiak yang menghitam tentu tidak nyaman, Meski dapat ditutupi dengan pakaian, namun warna yang lebih gelap pada bagian ini tentu akan mengganggu penampilan. Bahkan, kulit ketiak yang menggelap bisa menjadi tanda penyakit tertentu.

Warna kulit yang menggelap dapat diakibatkan oleh beberapa hal, antara lain paparan sinar matahari, bekas luka, dan gangguan kulit lainnya. Sementara pada bagian ketiak, ada beberapa penyebab umum yang mempengaruhi warna kulitnya, antara lain:

- Acanthosis nigricans

American Osteopathic College of Dermatology mengidentifikasi acanthosis nigricans sebagai gangguan yang ditandai dengan tanda kulit yang menggelap di daerah ketiak, leher, dan jari-jari. Pertumbuhan kulit yang tidak normal ini merupakan hasil dari peningkatan kadar insulin dan biasanya mengindikasikan resistensi insulin. Resistensi insulin merupakan risiko utama dari diabetes tipe 2.

- Hiperpigmentasi

Kondisi kulit lainnya yang diidentifikasi oleh American Osteopathic College of Dermatology, hiperpigmentasi juga merupakan penyebab kulit menggelap di sekitar ketiak. Umumnya hiperpigmentasi tidak hanya terjadi di sekitar ketiak, tapi juga di sekitar pangkal paha. Hiperpigmentasi biasanya tidak berbahaya dan dibentuk dari produksi melanin yang berlebihan.

- Iritasi kulit

Iritasi pada kulit ketiak terjadi akibat gesekan dari tindakan mencukur rambut ketiak dan pakaian yang kasar. Iritasi mengakibatkan bekas hitam karena bekas luka sehabis iritasi mengering.

- Keringat

Menurut Health and Beauty Daily Glow, keringat berlebih merupakan penyebab paling umum warna kulit ketiak yang menggelap, terutama jika keringat mengandung asam urat.

- Sel kulit mati

Sel kulit mati yang terakumulasi menyebabkan warna kulit yang lebih gelap pada ketiak. Untuk mengatasinya, maka rajinlah menggunakan scrub untuk mengikis kulit mati.

- Rambut ketiak

Rambut ketiak dapat memberikan kesan gelap pada kulit ketiak karena warna rambut lebih gelap dari warna asli kulit. Meski sering mencukurnya, akar rambut yang ada dalam kulit ketiak tetap memberikan kesan gelap. Maka ada baiknya menghilangkan rambut ketiak hingga ke akarnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com