Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2013, 16:52 WIB

 


TANYA :

Dokter, saya pria keturunan Tionghoa. Sejak umur 6 tahun, saya disunat dengan alasan kesehatan. Alat vital ukurannya menurut teman-teman jauh lebih besar dibanding mereka. Tapi masalahnya, organ seksual saya sering ereksi tiba-tiba, misalnya saat di bus, mobil, kampus bahkan di jalan. Padahal, saya tidak membayangkan hal-hal yang berbau seksual.  Sehingga, saya sering malu kalau berenang sama teman-teman. Saya punya kebiasaan fitness 3 kali seminggu, tiap pagi jam 05.00 - 06.30 lari pagi di komplek rumah. saya makan sayur-sayuran, tidak makan daging dan tidak merokok atau drugs. Pertanyaan saya : Apa kondisi ini saya normal ? Kenapa saya sering ereksi tiba-tiba? Terima kasih.

(Lee, 22, Jakarta)

JAWAB :

Ereksi terjadi kalau ada rangsangan yang diterima, baik rangsangan fisik ataupun psikis. Mungkin Anda tidak menerima rangsangan yang bersifat psikis seperti khayalan, mungkin juga Anda tidak menerima rangsangan fisik seperti ciuman.

Tetapi bukan tidak mungkin rangsangan yang Anda terima tidak Anda sadari, misalnya gesekan celana ke bagian penis. Ini pun dapat menimbulkan reaksi seksual berupa ereksi.

Selain itu, jangan lupakan adanya reaksi yang bersifat spontan, khsusunya ketika tidur malam. Ereksi ini berkaitan dengan kadar hormon testosteron. Sisa ereksi malam hari dirasakan pada pagi hari setelah bangun tidur. Jadi jangan cemas dengan ereksi yang Anda alami. Sebaliknya, bersyukurlah karena Anda seorang pria sehat dan normal.   


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com