Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2013, 13:01 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber LiveStrong


KOMPAS.com - Angkat beban terkesan lekat dengan olahraga pria. Faktanya, angkat beban merupakan salah satu jenis latihan kekuatan yang memiliki banyak manfaat, seperti membuat bentuk tubuh lebih baik dan lebih kuat. Sehingga, kaum wanita pun seharusnya mempertimbangkannya sebagai salah satu jenis olahraga rutin mereka.

Jika Anda masih ragu, simaklah beberapa alasan kenapa perempuan tetap perlu melakukan angkat beban :

1. Membakar lemak tubuh

Bukan hanya latihan kardio yang mampu Anda andalan untuk membakar lemak tubuh. Variasi dengan angkat beban justru akan membuat olahraga lebih efektif.

Menurut Lorna Jane, praktisi olahraga dari Australia, angkat beban membakar lebih banyak lemak daripada kardio. Alasannya, seusai melakukan angkat beban, tubuh masih aktif membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 48 jam setelahnya.

2. Menguatkan fisik

Setelah rutin melakukan angkat beban, Anda akan merasa lebih kuat sehingga lebih mudah melakukan jenis olahraga lainnya. Selain itu, Anda pun akan lebih ringan saat harus mengangkat beban berat. Ini tentu akan bermanfaat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Mencegah cedera

Angkat beban memperkuat otot dan tendon, sehingga mengurangi risiko cedera. Otot dan tendon yang kuat  penting artinya terutama saat tubuh beranjak menua, karena saat menginjak usia tua, seseorang menjadi lebih rentan cedera.

4. Mengurangi risiko kesehatan

Salah satu manfaat angkat beban yang mungkin masih belum banyak diketahui adalah memperbaiki kesehatan secara keseluruhan. Hal ini karena angkat beban dapat membantu memperbaiki proses metabolisme gula di dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2. Angkat beban juga mampu meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan tekanan darah.

5. Tubuh terlihat lebih kencang

Manfaat ini penting, khususnya bagi Anda yang telah berhasil mengurangi berat badan dan mendapati kulit bergelambir di beberapa bagian tubuh. Dengan melakukan angkat beban, otot akan terbentuk dan "mengisi" bagian yang bergelambir tadi. Sehingga tubuh menjadi lebih padat dan kencang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com