Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2013, 15:25 WIB

TANYA:
 
Dok , seneng banget bisa nemuin forum ini. Anak saya yang berumur 6 bulan kemarin kejang atau kata orangtua step. Pertanyaannya, apakah benar air kopi bisa mencegah step? Apakah step berbahaya dan apa yang sebaiknya dilakukan jika itu terjadi.
Bisri Mustafa, Tuban

JAWAB :

Step atau istilah yang benar adalah kejang demam adalah suatu kondisi terjadinya kejang akibat lepas muatan listrik yang disebabkan oleh demam. Kejang demam terdiri dari dua jenis, yaitu kejang demam sederhana (hanya terjadi 1x kejang dalam episode demam) dan kejang demam kompleks (lebih dari 1x kejang dalam 1 episode demam).

Sebagian besar kejang demam adalah kejang demam sederhana yang relatif tidak berbahaya dalam arti tidak menimbulkan komplikasi yang fatal. Namun kejang demam ini dapat berulang kembali disaat si kecil menderita demam.

Sampai saat ini tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa kopi dapat mencegah kondisi ini pada anak. Terapi yang paling penting adalah mencegah suhu tubuh meningkat/demam dengan memberikan obat penurun demam, minum yang cukup serta kompres seluruh tubuh dengan air hangat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com