Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2013, 10:25 WIB


TANYA :

Dok, saya seorang biseksual namun cenderung lebih menikmati hubungan dengan sesama. Dalam waktu dekat, saya akan menikah. Tentunya dengan seorang wanita. Timbul rasa takut bagaimana nantinya menjalankan hubungan seks dengan calon istri. Saya takut tidak bisa terangsang ataupun memuaskan dia. Apa yang harus saya lakukan, tentunya sudah tidak mungkin bagi saya untuk membatalkan pernikahan tersebut? Bagaimana saya bisa terlepas dari hasrat terhadap sesama, saya ingin menjadi lelaki normal? Mohon petunjuknya, Terima kasih.

(Dion L, 31, Medan)

 

JAWAB :


Biseksual, sama dengan homoseksual, dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Karena itu gangguan orientasi seksual ini tidak selalu dapat diatasi. Dengan kata lain, tidak selalu biseksual atau juga homoseksual dapat diatasi.

Jadi tidak semua biseksual dan homoseksual dapat diubah menjadi heteroseksual (yang dianggap normal). Untuk mengetahui mengapa Anda menjadi biseksual, tentu diperlukan konseling yang mendalam. Yang pasti, biseksual tidak selalu dapat diubah menjadi heteroseksual.

Tetapi cobalah dengan kemauan kuat Anda untuk mengontrol agar dorongan seksual terhadap sesama jenis dapat Anda tekan. Paling tidak, dorongan seksual terhadap lawan jenis menjadi lebih kuat.

Hanya dengan upaya seperti ini, perkawinan Anda kelak dapat dipertahankan. Kecuali kalau istri Anda memang dapat menerima keadaan Anda yang sebenarnya. Saya sarankan Abda beronsultasi lebih jauh untuk mengetahui faktor apa yang mungkin menyebabkan Anda menjadi seorang biseksual.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com