Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2013, 15:10 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

 

KOMPAS.com — DKI Jakarta tak ketinggalan ambil bagian dalam program "getting to zero" untuk penanggulangan HIV dan AIDS. Salah satu upaya untuk mewujudkannya yaitu dengan meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan pemeriksaan HIV.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Voluntary Counseling and Testing (VCT) atau tes HIV gratis pada tanggal 22 Oktober-21 November 2013 yang rencananya berlangsung di lima wilayah Kotamadya.

Tidak ada syarat khusus untuk mendapatkan layanan gratis ini. Namun, tahun ini Laki-laki Berisiko Tinggi (LBT) menjadi sasaran prioritasnya. Selain itu, masyarakat berisiko tinggi terinfeksi HIV seperti wanita pekerja seks baik langsung maupun tidak langsung, gay, waria, pengguna narkoba suntik, pelanggan waria, pasangan pelanggan seks, dan pengguna narkoba suntik.

Sekretaris KPAP DKI Jakarta Rohana Manggala mengatakan, pemeriksaan ini penting dilakukan untuk membantu program penanggulangan HIV dan AIDS. Hingga kini, program penanggulangan HIV-AIDS belum dapat mencairkan fenomena gunung es, atau baru mencakup 40 persen.

"Untuk itu, sementara dihilir perlu digali lebih dalam, langkah yang dilakukan antara lain dengan program VCT ini serta program pencegahan lainnya,” kata dia dalam rilis yang diterima Kompas Health, Jumat (18/10/2013).

Sejumlah kondisi di masyarakat juga menjadi latar belakang munculnya layanan ini. Di antaranya, masih adanya stigma dan diskriminasi di masyarakat terhadap orang dengan HIV dan AIDS (odha), rendahnya inisiatif kesadaran LBT untuk tes HIV, serta meningkatnya kasus HIV dan AIDS pada perempuan dan anak.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama rencananya membuka program ini. Tak hanya itu, Basuki dan bersama sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah juga akan menjalani tes HIV.

Untuk keterangan lebih lanjut, berikut nomor-nomor yang bisa dihubungi:
- Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta di (021) 47880166
- Komisi Penanggulangan AIDS Kotamadya Jakarta Selatan: (021) 7395944
- Komisi Penanggulangan AIDS Kotamadya Jakarta Timur: (021) 4804933
- Komisi Penanggulangan AIDS Kotamadya Jakarta Barat: (021) 58357693
- Komisi Penanggulangan AIDS Kotamadya Jakarta Utara :(021) 4301124 ext 5591
- Komisi Penanggulangan AIDS Kotamadya Jakarta Pusat: (021) 3840526

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com