Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2013, 08:36 WIB


TANYA :

Dok, kenapa ya setiap hari gusi saya berdarah, apalagi bila di malam hari. Gusi saya terlihat agak besar ketimbang gusi normal, sehingga terkadang sisa makanan menempel antar gusi dan gigi. Dulu sempat saya coba membersihkan karang gigi, tetapi tidak berpengaruh. Saya juga berkonsultasi kepada dokter, apakah saya punya kecenderungan penyakit dalam, tetapi dokter menjawab tidak karena tekanan darah saya normal, tidak disertai demam, nafsu makan juga tidak berubah. Saya juga baru saja menikah dan belum juga hamil. Apakah gusi berdarah ini nantinya bisa mempengaruhi ketika saya nanti hamil. ? kira-kira apa yg bisa saya lakukan untuk mengobati gusi beradarah saya ? Salam

(Widya, 30 th, 150 cm, 40 kg Yogyakarta)

 

JAWAB :

Mbak Widya yang baik,

Penyebab gusi bengkak dan berdarah yang paling umum adalah karena adanya karang gigi. Penyebab lainnya adalah akibat:

1. Konsumsi obat-obatan, antara lain:
- Antikonvulsan (misalnya phenytoin, phenobarbital, primidone, dan sebagainya)
-  Calcium channel blockers (misalnya nifedipine, amlodipine, dan verapamil)
- Immunosuppresant

2.  Iritasi.
Misalnya iritasi akibat pemakaian gigi tiruan lepasan atau kawat gigi yang kurang tepat.

3. Penyakit sistemik, antara lain:
- Kehamilan
- Pubertas
- Defisiensi vitamin C
- Pyogenic granuloma
- Leukemia
- Penyakit granulomatosa
- Tumor jinak, seperti fibroma dan papiloma
- Tumor ganas, seperti carcinoma

Pada kasus anda, jika setelah dilakukan pembersihan karang gigi namun belum juga sembuh, mungkin sebaiknya dievaluasi kembali, apakah benar pembersihan karang giginya telah sempurna, apakah di rumah anda sudah menjaga kesehatan rongga mulut anda dengan tepat, serta evaluasi kembali, apakah anda sedang mengkonsumsi obat-obatan seperti yang saya sebutkan diatas? atau apakah anda memiliki salah satu penyakit sistemik seperti yang telah disebutkan diatas?. Sebab semua hal tersebut juga dapat menyebabkan pembesaran gusi.

Penyakit gusi ini harus segera disembuhkan sebelum anda merencanakan kehamilan, sebab kehamilan akan memperparah keadaan gusi anda dan hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan janin anda kelak.

Konsultasikan dan periksakan kembali kepada Dokter Gigi anda, serta ceritakan kembali riwayat penyakit dan konsumsi obat-obatan anda secara lengkap kepada Dokter Gigi. Serta, tak lupa tetap jaga kebersihan rongga mulut anda di rumah. Dengan melakukan penyikatan gigi dengan teknik dan frekuensi yang tepat.

Jika penyebab utamanya sudah didapatkan, mungkin saja anda memerlukan tindakan pembersihan permukaan akar gigi (root planing), penghentian obat-obatan yang memang berkaitan dengan pembesaran gusi, perbaikan cara merawat rongga mulut anda di rumah, perbaikan desain gigi tiruan lepasan atau kawat gigi jika memang anda menggunakannya.

Demikian Mbak Widya, semoga informasinya bermanfaat. Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com