Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2013, 14:36 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com — Tak banyak rempah yang khusus diperuntukkan bagi diabetesi. Namun, ada beberapa jenis rempah yang diketahui dapat membantu mengontrol atau mencegah diabetes dengan mengontrol kadar gula darah. Berikut lima di antaranya :

1. Kayu manis
Kayu manis memiliki kandungan antimikroba dan antioksidan yang membantu sistem pencernaan dan permasalahan gigi. Tak hanya itu, rempah yang satu ini juga baik untuk diabetesi karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan perubahan resistensi insulin.

Sebuah studi dalam Journal of the American Board of Family Medicine mengungkapkan, kayu manis dapat mengurangi kadar gula darah. Kayu manis kaya akan nutrisi yang disebut polifenol yang membantu insulin untuk bekerja lebih efektif.

"Kendati demikian, ada parameter lain sebelum mencobanya, misalnya kadar insulin yang tinggi dan pengobatan insulin. Maka sebaiknya konsultasikan terlebih dulu pada dokter," catat para peneliti.

2. Mustard
Rempah khas Eropa ini juga dapat menurunkan kadar gula darah pada diabetesi. Karena itu, mustard sering disarankan untuk dimasukkan ke dalam diet mereka. Selain itu mustard juga memiliki manfaat untuk penurunan berat badan, kesehatan rambut, dan inflamasi.

3. Kunyit
Selain bumbu dapur, kunyit juga sudah dikenal sejak lama sebagai antiinflamasi, antikanker, dan antibakteri. Rempah yang memiliki banyak khasiat kesehatan ini pun ternyata bisa digunakan untuk melawan diabetes karena dapat mengontrol produksi insulin dan mengurangi risiko resistensi insulin.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Diabetes Care itu melibatkan 240 orang Thailand yang menderita pradiabetes, suatu kondisi di mana kadar gula darah mereka melebihi normal, tetapi belum termasuk diabetes. Jika tidak diatasi pradiabetes bisa menjadi diabetes. Secara acak mereka diberikan kapsul ekstrak kunyit dan plasebo.

Setelah 9 bulan, sekitar 19 dari 116 orang dari kelompok plasebo menderita diabetes tipe dua. Sementara dari kelompok yang mendapat kunyit tidak satu pun menderita diabetes.

4. Cabai Szechuan
Salah satu cabai terpedas karena dapat memberikan sensasi pedas membakar dalam porsi yang kecil. Namun, di balik sensasi pedasnya, cabai satu ini dapat mengontrol produksi insulin sehingga bermanfaat bagi diabetesi. Selain itu, cabai szechuan juga memiliki senyawa antiinflamasi dan dapat melancarakan peredaran darah.

5. Cabai
Cabai dapat meningkatkan metabolisme dan membantu menyembuhkan flu. Senyawa pedas dalam cabai juga diketahui bekerja dengan sangat baik untuk memperbaiki nyeri saraf yang memengaruhi diabetes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com