Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2013, 08:53 WIB


TANYA :
 

Dok, saya mau bertanya soal  kadar trigliserida saya yang mencapai  496mg/dl. Saya rasakan ini berpengaruh pada gairah seks saya. Apakan memang  benar  jika kadar trigliserida yang tinggi dapat berakibat pada gangguan seksual ? Apakah dengan trigliserida tinggi saya masih boleh mengonsumsi  telur bebek? Terima kasih dokter atas penjelasannya.. 


(Iswiyanto, 36 tahun, 65 kg, 165 cm, Surakarta)

JAWAB :


Yth Saudara Iswiyanto di Surakarta 
 
Maaf, sejauh ini saya belum menemukan referensi  hubungan langsung antara trigliserida yang tinggi dengan penurunan libido. Tetapi, trigliserida yang tinggi biasanya juga diikuti dengan kadar lipid darah lain yang tidak normal. Biasanya kadar kolesterol total juga tinggi, HDL (kolesterol baik rendah) dan kolesterol jahat (LDL) yang tinggi.

Bila terjadi hiperlipidemi seperti ini, resiko aterosklerosis, penyempitan pembuluh bisa terjadi. Aterosklerosis selain pembuluh darah jantung juga bisa mengenai pembuluh darah ke alat kelamin. Kalau ini terjadi, keluhan ereksi bisa muncul.

 
Disamping itu, kadar trigliserida yang tinggi sering bersamaan dengan penyakit lain, misalnya diabetes mellitus, sindroma metabolik. Diabetes yang lama bisa menyebabkan penurunan libido. Bila saudara tidak ada diabetes mellitus, lipid darah yang lain juga normal, tidak mengkonsumsi obat-obatan penurun kolesterol, obat anti hipertensi (beberapa obat anti hipertensi dapat menyebabkan gangguan ereksi) saya sarankan saudara konsultasi lebih lanjut untuk mencari penyebab penurunan libido yang saudara keluhkan.
 
Kemudian mengenai telur bebek, bila kadar kolesterol lain normal, boleh saja, tetapi jangan berlebihan. Satu butir telor satu hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kolesterol setiap harinya. 
 
Sekian, terimakasih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com