Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2013, 14:28 WIB


KOMPAS.com -
Agar masa kehamilan dan proses persalinan berjalan lancar, seorang calon ibu perlu disarankan untuk selalu menjaga kondisi kesehatannya dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi.

Agar kebutuhan gizi tercukupi, setiap calon ibu harus menerapkan pola makan yang seimbang . Walaupun mungkin di awal kehamilan ibu mengalami mual-muntah sehingga nafsu makan menurun. Akan tetapi, ibu tetap harus mendapat asupan makanan bernutrisi demi ibu sendiri, janin, dan dan persalinan kelak.

Nah, variasi menu makanan adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan agar ibu tetap mendapat asupan makanan dengan beragam zat gizi. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi di sepanjang kehamilan, plus ibu jadi tak merasa bosan karena makanan yang itu-itu saja.  Berikut ini adalah beberapa bahan pangan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan:


*Buah

Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan ibu dan  pertumbuhan janin. Misal, beta karoten yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel bayi dan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta kolagen dalam jaringan ikat bayi. Kalsium membantu mengontrol tekanan darah dan asam folat yang membantu mencegah cacat tabung saraf. Pun, serat yang mencegah sembelit calon ibu.

Konsumsilah buah segar, bisa juga diolah menjadi jus, sop buah, salad buah, dicampur susu atau yoghurt sebagai camilan. Beragam buah bisa dipilih seperti jeruk, papaya, alpukat, mangga, semangka, pear, belimbing dan lainnya. Hindari nanas karena dapat mengakibatkan asam lambung tinggi sehingga terjadi diare. Begitu pula nangka, durian, dan cempedak perlu dihindari karena mengandung gas tinggi. Cuci terlebih dahulu buah sebelum dikonsumsi agar terhindar dari efek pestisida atau toksoplasma. Oh ya, sebaiknya hindari buah dalam kemasan kaleng karena mengandung bahan pengawet atau pemanis.


*Sayur

Sayur-sayuran dianjurkan dikonsumsi oleh calon ibu. Ada beragam sayuran hijau, merah, oranye, kuning, ungu.  Tiap kelompok makanan berwarna mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang berlainan. Misal, sayur berdaun gelap seperti bayam kaya akan serat, protein, vitamin A, C, K, zat besi, dan asam folat.  Nah, asam folat ini dapat mencegah janin mengalami spina bifida atau kelainan pada tabung saraf (neural tube defects). Sayuran ini juga penting untuk kesehatan mata dan pembentukan sel darah merah.


*Kacang

Kacang-kacangan mengandung serat dan protein yang tinggi.  Serat yang dikandung kacang sangat penting untuk mencegah sembelit. Misal, kacang mete kaya protein yang dibutuhkan untuk membangun sel-sel janin dan zat besi untuk membantu pembentukan sel darah merah dan sel otot. Contoh lain, kacang kenari yang menjadi sumber utama Omega 3.


*Ubi

Ubi-ubian ada beragam jenis seperti ubi putih, merah, kuning dan ungu. Ubi banyak mengandung  vitamin A untuk pertumbuhan sel-sel tubuh dan sistem kekebalan tubuh janin. Ubi juga kaya dengan beta karoten yang diolah tubuh menjadi vitamin A dan Retinol sebagai salah satu jenis vitamin B. Misal, ubi jalar yang berwarna daging oranye mengandung karetenoid yang dalam tubuh diubah menjadi vitamin A.


*Telur

Meski mengandung hanya 90 kalori, tapi dalam telur terdapat lebih dari 12 vitamin dan mineral serta banyak protein. Telur sebagai sumber vitamin D yang membangun imunitas sehingga ibu hamil tetap terjaga daya tahan tubuhnya. Vitamin D pun membantu penyerapan kalsium. Selain itu, telur mengandung vitamin A, B kompleks dan sejumlah mineral seperti zat besi, fosfor, kalsium dan sodium.  Hindari telur mentah atau setengah matang karena berisiko mengandung bakteri.


*Ikan

Salah satunya salmon yang kaya asam lemak tak jenuh Omega-3 untuk pembentukan sel-sel tubuh, penglihatan dan saraf otak janin. Salmon juga kaya protein, kalsium, fosfor dan vitamin D. Tak seperti beberapa jenis ikan lainnya, salmon hanya mengandung sedikit jumlah methylmercury yaitu bahan kimia yang bisa membahayakan perkembangan sistem syaraf janin. yang jelas, hindari makan Salmon mentah karena berisiko tercemar bakteri E. Coli dan Salmonella.


*Gandum

Makanan yang terbuat dari gandum sangat penting untuk masa kehamilan karena kaya serat dan nutrisi, termasuk vitamin E dan selenium. Misal, roti gandum atau roti Wholegrain kaya magnesium untuk membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium agar dapat menambah kepadatan dan memperkokoh struktur tulang janin. selain itu, kandungan zinc di dalamnya bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sel-sel janin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com