Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/12/2013, 13:07 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Perawatan gigi sebagai bentuk pencegahan berbagai penyakit rupanya lebih menjadi perhatian kaum wanita ketimbang pria. Studi terbaru menemukan, wanita 33 persen lebih banyak mendapatkan perawatan gigi dibandingkan pria.

Studi yang diterbitkan di jurnal kesehatan masyarakat Frontiers ini juga menunjukkan 138 persen orang yang memiliki asuransi kesehatan mendapatkan perawatan gigi dibandingkan mereka yang tidak terproteksi asuransi.

Sementara dari sisi ras, orang Amerika Asia merupakan kalangan yang paling banyak mendapatkan pemeriksaan gigi, atau sekitar 77 persen. Disusul ras Kaukasia, 76 persen; ras Hispanik dan penduduk asli Amerika, 62 persen; sedangkan 57 persen ras Amerika Afrika.

Para peneliti di Duke University berada di balik penelitian ini. Mereka melakukan survei terhadap 650.000 orang Amerika usia paruh baya dan para orang tua antara tahun 1999 dan 2008. Partisipan survei mendapatkan pertanyaan mengenai kapan terakhir kali mereka memeriksakan kesehatan giginya.

Hasil survei menunjukkan selama 10 tahun terakhir ada peningkatan jumlah orang yang melakukan pemeriksaan gigi di Amerika. Meski begitu orang yang tidak melakukan perawatan gigi jumlahnya lebih besar. Selain itu, perokok juga merupakan kalangan yang jarang melakukan pemeriksaan gigi sebagai upaya pencegahan penyakit ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com