Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Kakek-Nenek Ini Lari Maraton Setiap Hari

Kompas.com - 06/01/2014, 14:40 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang mulai mengurangi frekuensi dan intensitas olahraga. Namun tidak dengan pasangan kakek-nenek ini. Di tahun 2013, pasangan asal Australia ini berlari maraton setiap hari. Ya, setiap hari!

Adalah Janette Murray-Wakelin (64) dan Alan Murray (68), pasangan yang berlari maraton untuk jarak 41,8 km setiap hari selama setahun. Mereka bahkan sedang dalam proses untuk mengitari benua Australia.

Pada malam tahun baru, mereka tiba di Melbourne, menyelesaikan lari ke-365 mereka. Layaknya belum puas berlari selama setahun, mereka kembali melakukan maraton di hari pertama tahun ini, yang tidak bukan adalah lari maraton mereka yang ke-366.

Mereka pun tercatat di Guinness World Record sebagai pelari maraton paling berturut-turut. Menurut laman Facebook pasangan tersebut, mereka telah berlari sejauh 15.716,8 km tahun lalu.

Janette dan Alan adalah pengajar kelas hidup sehat di Australia. Sebelum berlari, mereka mempersiapkan sayuran mentah, serta menu vegan lainnya. Selama berlari mereka seringkali berhenti untuk mengunyah pisang.

"Kami lebih sehat secara fisik dan memiliki energi yang tidak terbatas di usia kami yang sudah 60-an ini, ketimbang ketika kami masih muda," tulis mereka di situs RunningRawAroundAustralia.com.

Kendati mataron setiap hari yang dilakukan pasangan ini sangat menginspirasi, namun aktivitas tersebut belum tentu aman dilakukan oleh setiap orang. Faktanya, penelitian menunjukkan, terlalu banyak berlari sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.

Namun, bagaimana pun, yang dilakukan pasangan Janette dan Alan ini patut diapresiasi dan menambah semangat Anda untuk memecahkan rekor pribadi di 2014, kan? Selamat berlari!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com