Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2014, 08:03 WIB


TANYA  :

Salam. Dokter yang baik, saya punya keluhan dada terasa sangat berat terutama di malam hari bersamaan dengan pundak sebelah kiri dan juga dekat lengan sebelah kiri. Bahkan, kadang sampai leher, sakit perut, sering mual bahkan sampai muntah. Dulunya, kadang sesak disertai sakit kepala yang terasa terjepit, dan ketika menghembuskan napas ujung jari terasa nyeri. Kadang, ketika mau tidur dada seperti kesetrum dan kaget. Saya sudah dua kali periksa dokter satu kali di ahli jantung dan penyakit dalam masing masing di dokter tersebut saya tes EKG tapi katanya jantung saya baik-baik saja. Kira-kira ini gejala penyakit apa ya dokter? Bagaimana cara mengatasinya, dok?

 

(Khaeril Hasmal, 21 tahun, Makassar)


JAWAB :

Yth, Saudara Khaeril Hasmal di Makassar

Melihat keluhan nyeri dada yang saudara sampaikan, nyeri terasa berat, menjalar ke lengan kiri, leher, pundak, sering diikuti mual, muntah  sakit kepala, bisa-bisa keluhan ini berkaitan atau disebabkan penyakit jantung koroner.

Hanya saja, pada penyakit jantung koroner gejalanya lebih khas lagi.  Nyeri berat seperti dihimpit benda berat, diremas, dan berlangsung beberapa menit, menghilang dengan istirahat, kemudian bisa timbul lagi waktu beraktivitas.

Lalu, melihat gejala lain yang saudara ceritakan tampaknya tidak ada kaitan dengan nyeri dada ini, dan saudara juga sudah konsultasi dengan dokter penyakit dalam dan ahli jantung, katanya tidak ada masalah--apa sudah dilakukan treadmill?-- saya percaya demikian.

Maka, mungkin keluhan saudara punya latar belakang psikis bisa saja jadi penyebabnya.  Karena itu, ada baiknya juga saudara berkonsultasi ke psikiater.

Wassalam

@irsyal_dokter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com