Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2014, 09:44 WIB


KOMPAS.com — Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, mereka yang hijrah ke daerah yang lebih hijau merasa lebih bahagia untuk waktu yang lama.

Kembali ke alam memang baik untuk kesehatan jiwa Anda, menurut sebuah penelitian baru yang menganjurkan pentingnya taman-taman perkotaan dan alasan lain untuk mempromosikan nilai lahan hijau.

Hampir 80 persen populasi di negara-negara berpenghasilan menengah atau tinggi tinggal di perkotaan, di mana masalah depresi merupakan kekhawatiran besar dalam sektor kesehatan publik. Taman, kebun, dan ruang alam tidak selalu ada di dekat penduduk.
 
Beberapa studi mengindikasikan adanya keterkaitan antara ruang hijau dan kebahagiaan. Namun, para peneliti belum mendapatkan hubungan sebab akibat dari kedua hal itu.

Mathew P White dan para koleganya di University of Exeter, Inggris, memutuskan untuk meneliti kemungkinan tersebut.

Mereka membandingkan kesehatan jiwa ratusan orang Inggris yang telah pindah dari lingkungan perkotaan ke tempat yang lebih hijau dengan mereka yang melakukan hal sebaliknya.

Data-data yang dikumpulkan selama lima tahun menunjukkan bahwa orang-orang yang telah pindah ke wilayah lebih hijau ternyata lebih bahagia dan tetap bahagia setelah mereka pindah.

Dalam laporan pada jurnal Environmental Science & Technology, para peneliti menyimpulkan, "kebijakan-kebijakan lingkungan untuk meningkatkan ruang hijau mungkin dapat memiliki manfaat-manfaat kesehatan jiwa yang berkesinambungan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com