Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2014, 11:38 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Kolesterol jahat atau LDL yang tinggi bisa diturunkan dengan berbagai cara bergantung pada kondisinya. Kolesterol bisa turun hanya dengan mengatur pola makan, namun pada kondisi tertentu penggunaan obat-obatan menjadi kebutuhan.

Meski begitu, jika kolesterol sudah menunjukkan tanda harus segera diturunkan, diet menjadi langkah awal yang wajib dijalankan. Mengurangi asupan lemak jenuh menjadi langkah pertamanya.

Jika dokter menganjurkan diet, sejumlah asupan ini bisa menjadi cara alami turunkan kolesterol:

* Oat bran.
Oat bran adalah lapisan terluar dari biji oat yang dapat dimakan bentuknya lebih halus dari oatmeal. Makanan yang kaya serat beta-glucan ini bisa menurunkan kadar LDL menjadi 10, 20. 30 mg/dl.

* Flaxseed.
Flaxseed dengan kandungan karbohidrat rendah ini mudah dicerna, kaya serat dan bisa menurunkan LDL. Anda bisa menaburkan flaxseed di berbagai makanan harian.

* Hindari makanan dari tepung terigu.
Untuk menurunkan kadar LDL, sebaiknya hindari makanan yang dibuat dari tepung terigu seperti roti, pasta, sereal yang bukan berasal dari oat, biskuit.

* Hindari makanan dengan indeks glikemik tinggi.
LDL bisa turun jika Anda membatasi makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti makanan manis, soft drink, kue, kentang putih, nasi putih.

* Kacang-kacangan.
Pilih kacang-kacangan yang belum diproses atau diberi garam. Asup almond atau kacang-kacangan lain seperempat hingga setengah cangkir per hari untuk menurunkan LDL. Kacang-kacangan yang masih alami ini kaya serat dan membuat cepat kenyang.

* Niacin.
Niacin atau vitamin B3 efektif menurunkan LDL sebagai obat statin. Namun niacin juga bisa didapatkan dari makanan bukan sebagai suplemen atau obat. Seperti jamur, ikan tuna, ikan salmon, dada ayam, asparagus, daging rusa, hati domba, daging sapi, telur.

* Makanan kaya kedelai.
Makanan kaya soya juga bisa menjadi pilihan lain menurunkan LDL. Selain tahu, susu soya juga bisa jadi pilihannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com