Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2014, 11:16 WIB
Tanya:
Saya Ibu satu anak berusia empat bulan. Dua hari belakangan mendadak ASI saya berkurang. Sekali pompa hanya 70 ml, biasanya bisa mencapai 120-150 ml. Saya tidak mau ASI saya menjadi berhenti.Apa yang harus saya lakukan mohon saran nya
Joan, 25, Jakarta

Jawab:
Salam hangat bunda Joan,

Peluk dulu, pasti khawatir sekali ya bila produksi ASI menurun.

Perlu dipahami bahwa produksi ASI mungkin naik-turun, tergantung dengan kondisi ibu. Saat menstruasi atau hamil produksi ASI bisa berkurang, demikian juga saat ibu sedang capek, sakit atau sedih.

Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kondisi fisik dan psikis ibu untuk tetap prima. Jaga kesehatan, makan dengan gizi berimbang, olahraga rutin, relaksasi, dan upaya lainnya agar ibu tetap tenang dan sehat.

Untuk upaya secara teknis bisa dilakukan dengan menambah frekuensi memerah, misal biasa 4x sehari jadi 5x sehari. Memerah malam dan dini hari (subuh) juga bisa lebih optimal karena hormon prolaktin yang berpengaruh dalam produksi ASI banyak terdapat pada malam hari.

Semoga membantu dan tetap semangat menyusui ya. ASI, yess!

Andriana Chaizir
Konselor Menyusui - Ketua AIMI cabang Jawa Barat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com