Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2014, 09:54 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Wanita mulai usia 40 sebaiknya melakukan pemeriksaan payudara dengan mamografi untuk memastikan dirinya bebas dari kanker atau tidak. Tak heran jika kemudian fobia kanker banyak umumnya ditemui pada wanita usia ini. Apalagi jika memiliki faktor risiko tinggi karena keluarga memiliki riwayat kanker.

Fobia kanker bahkan menjadi salah satu indikasi perlunya wanita melakukan mamografi. Selain itu, pada usia ini, jaringan lemak pada payudara bertambah banyak, sehingga dengan mamografi, tumor kecil bisa tampak jelas. Pemeriksaan radiologi pun bisa memberikan gambar dan diagnosis tepat.

"Biasanya keluarga mereka banyak yang menderita kanker, dan dianjurkan melakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisinya. Umumnya fobia kanker dialami wanita di atas usia 40," tutur spesialis radiologi, Nina ISH Supit kepada Kompas Health di sela workshop edukasi publik kanker payudara diadakan Tahir Foundation dan Pink Shimmerinc, di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta Selatan, Jumat (14/2/2014).

Menurut Nina, sejauh pengalamannya melakukan pemeriksaan kanker payudara, wanita yang mengalami fobia kanker dan melakukan pemeriksaan tidak terdiagnosis kanker. Namun dengan melakukan pemeriksaan, mereka perlahan bisa mengatasi ketakutannya.

"Sejauh ini, orang yang fobia kanker belum pernah kena kanker, pengaruhnya lebih ke psikis," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com