Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2014, 12:59 WIB

TANYA :

Salam Dok. Saya tidak tahu apakah saya memiliki kepribadian ganda atau tidak. Tapi yang pasti, saya mengidap epilepsi. Seringkali penyakit saya itu kambuh saat saya sedang berkendara di jalan raya.  Yang saya khawatirkan,  saya mengalami kecelakaan karena ketidaksadaran saya, akan tetapi itu tidak pernah terjadi sekalipun karena setiap saya siuman saya selalu ada di satu tempat yang saya tidak ketahui atau bisa di satu tempat yang sedang saya tuju.  Yang membuat saya berfikir saya memiliki kepribadian ganda adalah hal tersebut karena saya sama sekali tidak mengetahui bagaimana perjalanan saya menuju satu tempat tersebut, dan ketika saya siuman saya selalu merasa tubuh saya tidak bisa saya kendalikan, saya merasa jiwa saya berada jauh di dalam, dan seringkali saya berbicara tidak sesuai dengan yang saya pikirkan.  Sekitar 5-10 menit hal itu terjadi. Apakah penyakit saya itu bisa jadi pemicu timbulnya kepribadian ganda? atau mungkin saya memang memilikinya? atau hanya perasaan saya saja?

(Nandi, 21, Bandung)


JAWAB :


Nandi yang baik,

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah penyakit epilepsi yang dialami Nandi. Nandi harus ke Dokter Saraf/Neurologis untuk berkonsultasi masalah epilepsi yang dialami dan berobat yang benar untuk mengatasi hal tersebut.

Masalah gangguan jiwa yang terkait epilepsi memang ada. Pada penderita epilepsi lobus temporal sering kali gejalanya menyerupai gangguan skizofrenia seperti adanya halusinasi dengar dan penglihatan serta adanya waham atau delusi.

Gangguan perilaku dan perasaan juga bisa timbul pada kondisi demikian. Pingsan seteah mengalami epilepsi juga sangat mungkin. Sedangkan pada kondisi gangguan kepribadian multiple atau ganda seperti yang dikhawatirkan Nandi sepertinya gejalanya tidak pas.

Saran saya segeralah ke dokter saraf untuk mendapatkan konfirmasi. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com