Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2014, 07:52 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber Menshealth

KOMPAS.com - Diare umumnya dipicu oleh makanan yang tercemar bakteri sehingga akan lebih mudah untuk melacak penyebab diare dari makanan yang dimakan. Namun ketika diare terjadi tiba-tiba tanpa makan makanan yang aneh sebelumnya, maka mungkin lima hal ini penyebabnya.

1. Sorbitol
Pemanis buatan ini ditemukan dalam produk-produk bebas gula untuk permen karet, permen, obat batuk, minuman olahraga, jus, dan selai. Anish Sheth, ahli gastroenterologis dan penulis buku "What's Your Poo Telling You?" mengatakan, saat dicerna sorbitol menarik air di usus dan menyebabkan diare.

Memperhatikan label produk dan mengurangi konsumsi produk yang mengandung pemanis ini dapat membantu mengatasi hal tersebut.

2. Olahraga terlalu keras
Latihan intensif seperti angkat beban berat, lari atau besepeda jarak jauh merupakan salah satu pemicu dari diare. Ia mengatakan, latihan intensif akan mengalihkan suplai darah yang harusnya ke sistem pencernaan menjadi ke otot, sehingga terkadang timbul rasa kram pada perut dan kotoran berdarah.

Meskipun begitu, kondisi tersebut tidak akan terjadi pada mereka yang sudah biasa melakukan olahraga intensitas tinggi. Namun jika kondisi itu terjadi secara terus menerus setelah melakukan latihan, sebaiknya konsultasikan pada dokter.

3. Giardia
Sheth mengatakan, beberapa orang pernah mengalami diare selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan tanpa mengerti penyebabnya. Mungkin penyebabnya adalah parasit pada usus, Giardia. Maka jika baru-baru ini Anda melakukan aktivitas mendaki, berkemah, berenang di danau air tawar, atau minum air yang belum dimurnikan, dan mengalami diare setelahnya, mungkin penyebabnya adalah parasit.

4. Antibiotik
Antibiotik juga bisa jadi penyebab dari diare. Ini karena antibiotik mengubah keadaan flora dalam usus yang menyebabkan ketidakseimbangan bakteri "baik" dan "jahat". Ketidakseimbangan ini kemudian mempengaruhi kemampuan tubuh mencerna makanan.

5. Minum alkohol
Setelah minum alkohol, seseorang mungkin saja mengalami diare. Khususnya, ketika minum alkohol terlalu banyak. "Kandungan karbohidrat dalam minuman tersebut sangat tinggi dan menyebabkan fermentasi berlebihan pada usus. Kondisi itu akan memicu timbulnya gas berlebihan yang memicu rasa ingin buang air besar," jelas Sheth.

Ia mengatakan, alkohol mengandung efek stimulan yang mempercepat gerakan usus untuk mendorong. Untuk menetralkannya, maka banyak-banyaklah minum air putih, sekaligus untuk mengembalikan hidrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com