Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2014, 14:16 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com - Ada alasan mengapa saat sedang sakit yang paling kita inginkan adalah tidur. Tidur merupakan kegiatan yang penting, baik untuk melindungi tubuh dari penyakit atau pun memulihkan kondisi tubuh.

Orang yang kurang tidur pada umumnya juga lebih gampang sakit karena daya tahan tubuhnya menurun.

Dalam sebuah penelitian terhadap lalat buah para peneliti bisa mengamati dengan jelas perbedaan pengaruh tidur pada tingkat kesembuhan. Para peneliti menginfeksi lalat buah dengan bakteri. Kemudian para lalat itu dibagi dua kelompok, ada yang tidur banyak dan ada yang tidur seperti biasa.

Menambah waktu tidur setelah tertular bakteri ternyata bisa meningkatkan tingkat ketahanan hidup para lalat buah. Bukan hanya itu, para lalat yang sebelum tertular infeksi sudah tidur cukup ternyata bertahan lebih lama setelah infeksi. Kemampuan mereka untuk menghilangkan bakteri dari tubuhnya juga lebih cepat.

"Menambah waktu tidur akan meningkatkan daya tahan terhadap infeksi dan mempercepat pemulihan. Hasil studi ini juga mendukung hipotesis yang menyebutkan tidur meningkatkan sistem imun," tulis peneliti dalam laporannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com