Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2014, 10:50 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com — Kamar tidur adalah tempat untuk kita beristirahat dan berileksasi. Namun, ruangan kamar yang kotor bisa menjadi sumber alergi. Ruangan kamar yang berdebu, termasuk seprai yang jarang diganti, bisa menjadi tempat mangkal aneka zat, termasuk tungau yang sangat kecil yang hidup di debu rumah.

Tungau debu rumah tumbuh di lingkungan yang lembab dan hangat. Sumber alergi lainnya adalah kapang yang hidup dalam ruangan yang lembab, seperti kamar mandi, ruangan bawah tanah, dan lapisan bahan pada mebel maupun tempat tidur, karpet, boneka, kayu, dan buku.

Reaksi alergi yang bisa ditimbulkan bermacam-macam. Namun, dalam sebuah survei di Inggris dan dimuat dalam Dailymail, terungkap 78 persen responden mengaku mengalami bersin-bersin, mata gatal, dan 25 persen mengalami gatal dan merah pada kulit.

Survei yang dilakukan terhadap 2.000 orang itu juga mengungkapkan, 34 persen responden mengatakan, tempat tidur adalah ruangan yang paling membuat alergi mereka kambuh. Selain karena jarang dibersihkan, 17 persen responden mengaku hanya mengganti seprai mereka sebulan sekali.

Cara terbaik untuk menghindari debu adalah menjaga agar rumah selalu bebas debu. Ini berarti tidak cukup hanya disapu, tetapi juga wajib dipel setiap hari dan disedot debunya. Cucilah karpet dan penutup mebel setiap minggu.

Jika Anda menderita alergi, hindari penggunaan mebel berlapis bantalan tebal dan semua pengumpul debu, seperti rumbai-rumbai pada tempat tidur, tempat tidur berkelambu, karpet, serta mebel berlapis bahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com