Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2014, 17:08 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber menshealth

KOMPAS.com -
Ada beberapa makanan yang sudah terkenal bisa meninggalkan bau tak sedap di mulut usai menyantapnya, misalnya bawang putih, bawang merah, dan kopi. Namun tidak hanya itu, berikut empat makanan lainnya yang bisa membunuh kesegaran nafas Anda.


1. Alkohol dan minuman berenergi
Alkohol dan minuman berenergi dapat menyebabkan dehidrasi, artinya kadar liur pun menurun. Padahal air liur merupakan pemusnah alami bakteri penyebab bau mulut.

Menurut Lisa Harper Mallonee, profesor di Texas A&M University, Baylor College of Dentistry mengatakan, minum air elektrolit bisa mengurangi dampaknya. Namun kadar asam yang dikandungnya juga bisa menyebabkan mulut kering. Solusi yang terbaik adalah dengan banyak air putih.

2. Susu dan produk turunannya
Susu dan produk turunannya mudah menempel pada gigi dan mulut sehingga menjadi sasaran empuk bagi bakteri untuk berkembang biak. Selain itu, sebagian orang tidak mampu mencerna susu dengan baik karena intoleransi laktosa. Inilah yang memicu timbulnya bau mulut.

Solusi untuk masalah ini cukup aneh, karena untuk memusnahkan bau mulut akibat susu, orang perlu konsumsi produk turunan susu pula, khususnya yang mengandung prebiotik, misalnya yogurt. "Bakteri baik akan membantu tubuh untuk mencerna makanan," ujar Mallonee.

3. Permen
Permen tidak hanya menyebabkan gigi keropos, tetapi juga memberikan bau tidak sedap pada mulut. Bercampur dengan gula, bakteri di mulut akan melepaskan senyawa sulfur yang menimbulkan bau. Mallonee mengatakan, untuk mencegahnya, segeralah sikat gigi setelah makan permen.

4. Daging merah
Daging merah mengandung banyak protein yang diperlukan tubuh, sayangnya, makanan ini juga menyumbang bau tidak sedap di mulut. Berbeda dengan lainnya, meskipun juga tinggi protein namun tidak terlalu meninggalkan bau, seperti daging ayam atau ikan. Solusi yang bisa dilakukan, antara lain yaitu dengan mengunyah permen karet karena dapat meningkatkan produksi liur. Selain itu, pemanis yang ada di permen karet seperti xylitol juga terbukti dapat membunuh bakteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com