Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2014, 07:35 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis


KOMPAS.com -
Makan banyak sayur dan buah memang menyehatkan. Riset baru menemukan banyak sayur dan buah bisa menjauhkan kita dari serangan stroke.

Riset baru yang diterbitkan jurnal American Heart Association (AHA) mengemukakan fakta menarik soal cara menurunkan risiko stroke. Studi tersebut menganalisa 20 studi yang sudah ada sebelumnya di Amerika Serikat, Eropa dan Asia. Mereka menemukan setiap konsumsi 200 gram buah sehari, risiko stroke ditemukan menurun sampai 32 persen. Sementara konsumsi 200 gram sayuran sehari, risiko stroke menurun 11 persen.

“Memperbaiki pola makan dan gaya hidup sangat penting untuk penurunan risiko sakit jantung dan stroke pada masyarakat luas,” kata Dr. Yan Qu, MD, direktur unit perawatan intensif Qingdao Municipal Hospital dan profesor Medical College of Qing dao University, Qingdao, China. Secara khusus, makanan kaya akan buah dan sayur sangat disarankan karena kedua makanan sehat tersebut memberi tambahan gizi mikro dan makro tanpa menambah jumlah asupan kalori.

Penurunan risiko stroke karena sayur dan buah tetap konsisten pada wanita dan pria, pada jenis stroke dan akibat stroke, juga setelah penyesuaian faktor risiko stroke seperti merokok, konsumsi alkohol, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kurang olah raga.

Peneliti mencatat negara penghasilan rendah dan menengah termasuk kurang mengonsumsi sayur dan buah. Kurang asupan itu diperkirakan menyebabkan sekitar 11 persen stroke, menurut WHO. Sementara itu menurut CDC (Center for Disease Control and Prevention), orang dewasa di Amerika Serikat makan buah 1,1 kali sehari dan sayuran 1,6 kali sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com