Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2014, 11:50 WIB

TANYA:

Sejak setahun terakhir ini gairah seksual saya makin berkurang, yang biasanya seminggu rata rata dua kali kini sekali seminggu bahkan bisa lebih seminggu baru minta ke istri. Disamping itu lama ereksi juga berkurang, maksudnya begitu ereksi harus segera penetrasi ke vagina, sebab bila tidak segera maka bisa loyo lagi. Jadi saya harus segera penetrasi bila ereksinya sudah keras dan tidak bisa memainkan penis saya dulu di luar vagina seperti dulu. Mohon saran dokter untuk penyembuhan.
 
Junaidi (47), Mataram

JAWAB:

Kalau peristiwa itu terus menerus terjadi atau seringkali terjadi, itu berarti Anda mengalami  disfungsi ereksi. Jadi pria yang mengalami disfungsi ereksi, tetap mempunyai gairah seks yang normal, tetapi ereksinya yang terganggu.

Gangguan ereksi dapat berupa tidak terjadi sama sekali, atau terjadi tetapi tidak sekeras dulu, atau hilang pada saat akan melakukan atau ketika melakukan hubungan seksual.  

Disfungsi ereksi dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain penyakit diabtes, kolesterol tinggi, hipertensi, hormon testosteron yang rendah, kejenuhan, kekecewaan, dan hilangnya daya tarik pasangan.

Jadi Anda harus mendapat pemeriksaan dulu untuk mengetahui apa penyebabnya. Pada umumnya dengan pengobatan yang tersedia, masalah Anda dapat diatasi dengan baik. Di sisi lain, mungkin juga Anda mengalami penurunan gairah seksual karena penyebab tertentu. Kalau ini terjadi, salah satu gejalanya ialah gangguan ereksi juga. Tetapi dalam hal ini, penangannnya berbeda karena boleh jadi penyebabnya berbeda. Saya sarankan Anda berkonsultasi lebih jauh untuk memastikan apa yang Anda alamai.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com