Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2014, 17:59 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com -
Beberapa jenis makanan diketahui memiliki pengaruh pada kesehatan seksual. Makanan yang terkenal punya efek afrodisiak antara lain adalah tiram atau pun ginseng. Tetapi sebenarnya buah yang juga bisa memengaruhi libido.

Dalam tradisi Yunani dan Romawi kuno konon selalu tersedia buah sebelum mereka melakukan hubungan seksual. Selain bisa meningkatkan stamina tubuh, buah dan sayuran juga akan melancarkan peredaran darah sehingga gairah seksual meningkat.

Salah satu buah yang direkomendasikan adalah buah kiwi. Buah yang kaya akan vitamin C ini dapat menciptakan mood yang baik serta menunjang tubuh yang bugar.

"Dengan makan dua buah kiwi setiap hari maka orang mampu melakukan (hubungan seksual) setiap hari pula," kata dr.Fiastuti Witjaksono, spesialis gizi klinik dalam media launch Kiwi Sungold oleh Zespri Kiwi Fruit di Jakarta, Senin (2/6/2014).

Ia menjelaskan, untuk dapat melakukan hubungan seksual dengan baik tubuh harus bugar. Nah, salah satu upaya untuk bugar adalah dengan menjaga asupan nutrisi, yang antara lain bisa didapat dari buah kiwi.

Buah kiwi merupakan buah dengan kepadatan gizi yang tinggi. Artinya jika dibandingkan dengan makanan lain dalam jumlah yang sama, kandungan gizi yang ada di buah kiwi lebih tinggi. Menurut Fiastuti, makanan dengan kepadatan gizi akan menghemat asupan kalori, namun lebih menunjang kebutuhan gizi.

Misalnya, pada 100 gram kiwi mengandung 161,3 miligram vitamin C. Sementara pada buah lain, seperti jeruk pada jumlah yang sama, kandungannya hanya 53,2 miligram.

Gairah seksual juga ditentukan dari mood seseorang. Penelitian dalam Journal of Nutritional Science menunjukkan, vitamin C yang tinggi pada kiwi dapat membantu memperbaiki mood orang dewasa.

"Dengan mood yang baik, orang akan lebih mampu dalam menikmati hubungan seksual. Konsumsi buah kiwi membantu orang mencapai mood yang demikian," ujar dokter dari Departemen Ilmu Gizi FKUI/RSCM ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com