Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2014, 11:21 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

 

 

KOMPAS.com - Popok sekali pakai seringkali menjadi andalan orangtua saat mengajak bayinya berpergian atau tidur malam. Bayi yang memakai popok sekali pakai juga cenderung tidur lebih lama karena mereka tak sering terbangun akibat popoknya basah karena mengompol.

Menurut dokter ahli tumbuh kembang anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rini Sekartini, kualitas tidur adalah hal penting yang harus didapat bayi untuk menunjang perkembangan otak yang optimal. Apalagi bayi sangat mudah terbangun jika merasa tidak nyaman.

"Tidak nyamannya tidur bayi bisa dikarenakan popoknya yang basah karena urine," ujarnya dalam dalam talkshow seputar perlindungan kulit bayi di Jakarta, Selasa (17/6/2014).

Meski popok sekali pakai bisa membuat waktu tidur bayi lebih lama, namun bukan popok ini dipakai sepanjang hari. Saat sedang aktif bergerak pada waktu siang atau udara cenderung panas, justru popok kainlah yang terbaik untuk digunakan.

"Biarlah sesekali kulit bayi bernapas. Apalagi saat aktif bergerak, supaya gerakan dia bisa lebih leluasa," papar Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Kesejahteraan Anggota dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini.

Penggunaan popok sekali pakai yang terus menerus tanpa jeda juga dikhawatirkan akan menimbulkan ruam pada kulit bayi yang masih sensitif. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com