Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2014, 12:21 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Menshealth


KOMPAS.com -
Banyak pria yang mengidamkan sosok tubuh tampak kuat dan kekar dengan otot-otot yang besar dan kencang. Tetapi tidak ada yang instan untuk mendapatkannya. Selain rutin melakukan latihan beban, pola makan juga wajib diperhatikan.

Menurut peneliti kebugaran, Alan Aragon, faktor kritikal dalam hal membentuk kekuatan dan ukuran otot adalah asupan protein harian.

Aragon menyarankan untuk mengonsumsi 0,7 hingga 1 gram protein untuk setiap kilogram berat badan yang ditargetkan. Protein merupakan bahan esensial yang menyusun sel-sel tubuh, termasuk otot.

"Itu termasuk paling tidak 20 gram protein dari makan utama dan snack. Ini akan memastikan otot kita mendapatkan jumlah asam amino yang cukup," katanya.

Simak 3 hal penting menurut Aragon untuk membentuk otot.

1. Rencanakan pola makan
"Biasanya saya menargetkan 180 gram protein perhari dan dikonsumsi dalam 4 waktu makan. Satu protein shake dalam jumlah besar saat sarapan, dalam porsi sedikit sebelum olahraga dan makan malam yang termasuk daging, ikan, atau ayam, ditambah sayuran, nasi atau kentang," katanya.

Untuk malam sebelum tidur, Aragon biasa mengonsumsi omelet 3 telur dengan tambahan yogurt plain serta cokelat hitam dengan selai kacang. Seluruhnya merupakan sumber protein.

2. Tambahkan dengan protein bubuk
Protein juga bisa kita dapatkan dari protein bubuk yang bisa diolah menjadi minuman menyegarkan. "Bisa ditambakan 2 sendok kopi hitam, pisang, atau cokelat tanpa pemanis," katanya.

3. Tambah porsi latihan
Jenis latihan yang disarankan tentu saja latihan beban, tetapi jangan hanya terfokus pada satu atau dua otot saja, melainkan seluruh tubuh. Sebagai pemula Anda bisa berkonsultasi dengan pelatih kebugaran untuk mengetahui jenis latihan beban yang paling tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com