Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Terjadi pada Otot Saat Kita Berpuasa

Kompas.com - 19/07/2014, 19:16 WIB

KOMPAS.com - Tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi agar ia bisa menjalankan fungsinya dengan normal. Lantas, apa yang terjadi kita kita tidak mengasup makanan dalam waktu lebih dari 24 jam?

Ada pendapat yang menyebutkan, tidak makan akan memicu pemecahan sel-sel otot. Pada orang lanjut usia, kondisi ini memang berbahaya karena otot mereka pada dasarnya memang sudah lemah. Sebaliknya, pada orang dewasa sehat proses pemecahan otot justru berdampak positif.

Hal tersebut dibuktikan oleh tim peneliti dari Aarhus University Hospital di Denmark yang melakukan pengujian otot pada 8 pria sehat sebelum dan sesudah mereka berpuasa selama 72 jam.

Setelah melewatkan makanan selama tiga hari, para pria terebut mengalami penurunan aktivitas mTOR (pengatur pertumbuhan sel otot) hingga 50 persen. Ketika mTOR turun, otot akan susut dengan cepat. Hal ini memang terkesan buruk, namun anehnya dalam studi pada tikus diketahui terhambatnya aktivitas mTOR akan memicu respon bertahan sel. Dengan kata lain, usia jadi lebih panjang.

Tak dipungkiri melewatkan waktu makan seperti berpuasa dapat menyebabkan kelemahan dan kerapuhan otot seperti yang terjadi pada orang tua. Meski begitu, pada orang yang sehat, sesekali melewatkan makan justru berdampak positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com