Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Diet Rusak Gigi dan Sebabkan Bau Mulut

Kompas.com - 07/08/2014, 07:00 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan tubuh langsing bak selebriti, banyak orang yang meniru pola diet yang dilakukan para seleb itu. Padahal pola diet tersebut belum tentu sesuai dengan kebutuhan semua orang dan yang lebih buruknya lagi pola diet ini dapat berdampak pada keropos gigi dan timbulnya bau mulut.

Sebut saja diet jus buah atau makanan mentah (raw food), meskipun diklaim baik untuk menurunkan berat badan, para pakar mengingatkan diet ini mungkin akan membuat masalah pada gigi Anda. Selain itu, diet ini juga mungkin akan menambah jumlah bakteri dalam mulut sehingga menimbulkan bau napas yang tidak sedap.

Dr Sameer Patel, pakar kesehatan gigi dari London mengungkap dampak negatif dari diet pada kesehatan gigi, berikut ini.

1. Diet jus buah
Diet rendah kalori seperti diet jus buah yang populer dilakukan oleh Salma Hayek dan Kate Hudson berpotensi merusak gigi dan gusi. Prinsip diet ini yang mengganti makanan dengan smoothies dan jus menyebabkan kadar insulin meningkat dan mengubah struktur kolagen di tubuh, termasuk mempengaruhi serat kolagen yang menjaga posisi gigi. Selain itu, jus buah dan sayuran juga tinggi kandungan asam sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan enamel gigi.

2. Diet 5:2
Beberapa selebriti termasuk Miranda Kerr dikabarkan melakukan diet 5:2. Prinsip diet ini, selain mengurangi kalori juga menurunkan porsi karbohirat dan meningkatkan porsi protein. Sayangnya, perubahan sistem ini akan menimbulkan proses yang disebut ketosis yang memproduksi senyawa kimia yang menyebabkan bau napas.

3. Diet milkshake
Mengganti makanan dengan minuman kocok atau populer disebut dengan diet milkshake banyak dilakukan selebriti misalnya Shane Warne. Namun sisa-sisa milkshake yang tersisa di gigi bisa menyebabkan keropos pada gigi. Sehingga pelaku diet ini perlu rajin-rajin membersihkan gigi.

4. Diet raw food
Meski diet yang dilakukan selebriti seperti Demi Moore dan Scarlett Johansson ini banyak diklaim sehat, namun metode ini juga dapat merusak gigi. Gula yang secara alami terdapat dalam buah-buahan bila tidak dibersihkan akan merusak gigi sama halnya seperti makanan manis lainnya, seperti cokelat atau permen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com