Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2014, 08:15 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Ada banyak informasi keliru tentang penyakit skizofrenia. Sebagian besar disebabkan karena stigma yang ada di masyarakat, atau informasi keliru yang disebarkan oleh film dan tayangan televisi.  Ketahui apa saja fakta di balik mitos skizofrenia.

Mitos: Orang dengan skizofrenia punya dua kepribadian

Ini adalah kesalahpahaman paling sering tentang skizofrenia. Dalam sebuah survei di AS, 64 persen responden mengira skizofrenia merupakan kepribadian ganda seperti halnya dua orang yang berbeda.

Sebenarnya orang dengan skizofrenia (ODS) tak memiliki kepribadian ganda, namun mereka mengalami kesulitan memahami realita dan kerap berhalusinasi. Skizofrenia dengan kepribadian ganda adalah dua kondisi yang berbeda dan tidak terkait.

Mitos: ODS berbahaya dan suka melakukan kekerasan

Di film atau serial TV, siapa yang kerap menjadi pembunuh berbahaya? Biasanya tokoh tersebut adalah ODS. Padahal di dunia nyata tidak demikian.

Meski ODS sering tidak bisa diprediksi, sebagian besar tidak berbahaya, terutama jika ia menjalani terapi pengobatan dengan baik. Bila ODS melakukan kekerasakan, biasanya itu juga dipengaruhi kondisi lain, seperti trauma masa kecil atau penggunaan narkoba.

Mitos: Skizofrenia disebabkan oleh pola asuh salah

Skizofrenia adalah penyakit gangguan jiwa. Penyebabnya beragam, termasuk faktor gen, trauma, atau penyalahgunaan narkoba.

Mitos: Jika orangtua ODS, anaknya juga rentan

Genetik memang berpengaruh terhadap skizofrenia, tetapi tak berarti orangtua yang ODS anaknya juga ditakdirkan mengalaminya. Jika salah satu orangtua ODS, risiko seorang anak menderita skizofrenia sekitar 10 persen. Tapi jika ada lebih dari satu orang anggota keluarga ODS, risikonya juga meningkat.

Mitos: ODS biasanya bodoh

Memang ODS kerap mengalami gangguan dalam pemusatan perhatian, belajar, dan daya ingat. Tapi bukan berarti mereka tidak pintar. Banyak orang kreatif dan cerdas yang ternyata adalah ODS, salah satunya peraih Nobel Matematika, John Nash yang kisahnya sudah difilmkan.

Mitos: ODS seharusnya dirawat di rumah sakit jiwa

Kita kerap melihat orang dengan gangguan jiwa dirawat di rumah sakit jiwa, dipenjara, atau bahkan dipasung bertahun-tahun. Tetapi pemahaman yang semakin baik mengenai penyakit ini membuat banyak ODS yang hidup aktif dan normal seperti orang sehat. Dukungan keluarga dan lingkungan agar ODS menjalani pengobatan dan hidup aktif di masyarakat sangatlah penting.

Mitos: Skizofrenia tidak bisa disembuhkan

Penyakit ini memang sulit diterapi, tapi bukan tidak mungkin. Dengan pengobatan yang tepat dan konseling, sekitar 25 persen ODS mendapatkan pemulihan penuh. Sebanyak 50 persen ODS mengalami perbaikan gejala. Tetapi saat ini sudah banyak ODS yang hidup aktif dan produktif. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com